SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI PROGRAM STUDI TADRIS FISIKA FTK UIN MATARAM

Profil



Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya ilmu pendidikan Fisika yang semakin maju dan bersifat global mengharuskan Program Studi Tadris Fisika mengembangkan paradigma baru dalam penyusunan Rencana Strategis yang mampu beradaptasi dan mengantisipasi perubahan global yang terjadi. Keterlambatan dalam merespon hal ini akan mengakibatkan institusi pendidikan ini akan ditinggalkan masyarakat dan menjadi beban pemerintah. Untuk itu diperlukan manajemen Program Studi yang modern, profesional, efektif, efisien dan akuntabel yang ditunjukkan oleh kebijakan pengembangan program studi yang tertuang dalam Rencana Strategis.Sebagai bagian dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Program Studi Tadris Fisika dituntut untuk senantiasa mengembangkan manajemen strategis sekaligus terus berupaya untuk meningkatkan kreasi dan inovasi baru dalam bidang pendidikan Fisika yang mampu mengintegrasikan aspek keislaman, sains, teknologi dan peradaban. Kedua hal ini penting dilakukan supaya Program Studi Tadris Fisika dapat mengimbangi percepatan perkembangan dunia modern sekaligus dapat memberikan konstribusi nyata bagi upaya menanggulangi problematika masyarakat yang semakin kompleks.
Untuk menjawab tuntutan zaman, Program Studi Tadris Fisika FTK UIN Mataram menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum 2016 revisi dan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum 2016 revisi diberlakukan bagi mahasiswa Tahun Akademik 2015/2016, sedangkan kurikulum berbasis KKNI digunakan bagi mahasiswa Tahun Akademik 2016/2017 dan 2017/2018. Silabus dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sampai saat ini masih dalam tahap peyusunan dan penyempurnaan.
Evaluasi pembelajaran di Program Studi Tadris Fisika FTK UIN Mataram dilakukan minimal tiga kali dalam semester. Sebelum dimulainya perkuliahan dilakukan sinkronisasi jadwal mengajar tingkat Fakultas untuk menjamin ketersebaran matakuliah dan pengampunya dengan memperhatikan keterpenuhan SKS beban kerja dosen (BKD) setiap dosen. Program Studi Tadris Fisika juga mendukung setiap kegiatan mahasiswa guna menghadirkan suasana akademik yang kondusif demi tercapainya visi, misi, dan tujuan Program Studi.

VISI DAN MISI PRODI TADRIS FISIKA FTK UIN MATARAM

VISI
Pada Tahun 2022 menghasilkan lulusan sarjana pendidikan fisika yang berdaya saing dan profesional dalam inovasi pembelajaran fisika serta mampu mengintegrasikan kajian Islam, sains, teknologi, dan peradaban.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan keguruan dalam inovasi pembelajaran fisika dengan mengintegrasikan ilmu keislaman, sains, teknologi dan peradaban.
  2. Melaksanakan penelitian dan kajian ilmiah dalam inovasi pembelajaran fisika yang mengintegrasikan keislaman, sains, teknologi dan peradaban.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terutama inovasi pembelajaran fisika berbasis sains dan teknologi.
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang fisika & pendidikan fisika sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN PRODI TADRIS FISIKA FTK UIN MATARAM:
    1. Menyelenggarakan pendidikan keguruan dalam inovasi pembelajaran fisika dengan mengintegrasikan ilmu keislaman, sains, teknologi dan peradaban.

    2. Menyelenggarakan 
    3.  Melaksanakan penelitian dan kajian ilmiah dalam inovasi pembelajaran fisika yang mengintegrasikan keislaman, sains, teknologi dan peradaban.
    4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terutama inovasi pembelajaran fisika berbasis sains dan teknologi.
    5. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang fisika & pendidikan fisika sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
                KUALIFIKASI LULUSAN
  1. Lulusan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif lulusan  minimal 3,00 dan meningkat 0,01 setiap tahunnya.
  2. Lulusan telah memiliki sertifikat minimal 3 macam pelatihan soft skill.
  3. Lulusan telah mengikuti minimal 1 seminar nasional yang diadakan oleh Program Studi Tadris Fisika maupun institusi lainnya.
  4. Lulusan yang memiliki sertifikat pendamping ijazah terutama yang berkaitan dengan laboratorium.
  5. Lulusan   atau   mahasiswa   yang memiliki   pengalaman   melakukan   penelitian, pengabdian masyarakat dan  pernah observasi serta bekerja (magang) di institusi/ lembaga yang relevan sesuai bidang keilmuwan dan mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa/ lulusan.
  6. Lulusan mampu berinovasi dalam pembuatan alat peraga dan media pembelajaran yang berkualitas sesuai karakteristik pembelajaran.
Dengan kualifikasi lulusan tersebut di atas, maka ciri khas kualifikasi lulusan adalah Pendidik (Guru), Laboran, Peneliti dan Tenaga Profesional dalam bidang Pendidikan Fisika.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar